Tuesday, December 13, 2016

RPP KURIKULUM 2013

OLEH : ISHANI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA
(RPP)
MATA PELAJARAN          : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
SMESTER/KELAS              : 1/1
SATUAN PENDIDIKAN    : SMA/MA/SMK
MATERI POKOK               : Perlindungan dan Hak Asasi Manusia

A.    Kompotensi Inti :
·         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
·         Menghayati dan mengamalkan perilaku juju, disiplin, tangung jawab, peduli, (gontoroyong, kerja sama, toleran, damai), santun,responsit dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
·         Memahani, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosudural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait dengan fenomena  dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosudural pada kajian yang sepesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
·         Mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah konkret dan ranah abtrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu mengunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan.
B.     Kompotensi Dasar :
·         Menghayati nilai-nilai ajaran agama, dan kepercayaan dalam kehidupan masyarakat menghayati isi makna pasal 28E dan 29 ayat (2) undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
·         Menghayati nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
·         Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pembukaan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan idiologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan serta hukum.
·         Mengamalkan sikap toleransi antar umat beragama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
·         Mengamalkan perilaku toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara indonesia
·         Mengamalkan nilai budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah, mufakat dalam kehidupan sehari-hari dalam konteks (NKRI)
·         Menganalisis kasus-kasus pelangaran HAM dalam rangka perlindungan dan pemajuan HAM sesuai dengan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Kesatuan Republik Indonesia.
·         Menyaji kasus-kasus pelangaran HAM dalam rangka perlindungan dan pemajuan HAM sesuai dengan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Kesatuan Republik Indonesia.
C.    Indikator
·         Memahami dan menghayati nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat
·         Memahami dan menghayati isi dan makna isi pasal 28E dan 29 ayat (2) Undang Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia
·         Memahami dan menghayati nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyrakat, berbangsa dan bernegara.
·         Memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pembukaan Undang Undang Dasar Negara Repunblik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
D.    Alokasi Waktu :  6 Jam (3 X Pertemuan).
1.      Tujuan Pembelajaran :
·         Siswa dapat menjelaskan pengertian, macam-macam, dan perkembangan HAM
·         Siswa dapat menyebutkan Istrumen dan lembaga penegakan HAM Indonesia
·         Siswa dapat menjelaskan pelangaran HAM di Indonesia
·         Siswa dapat menjelaskan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan Ham di Indonesia.
2.      Materi Pembelajaran :
Perlindungan Dan Penegakan HAM
Pertemuan ke (1 sampai dengan 6)
a.       Hak asasi manusia adalah hak dasar yang dimiliki manusia sebagai anugrah tuhan yang maha Esa yang melekat pada diri manusia sejak dari lahir.
b.      Macam-macam hak asasi manusia antara lain :
ü  Hak asasi pribadi (Personal Right)
ü  Hak asasi ekonomi atau milik (Properti Right)
ü  Hak asasi politik (Political Right)
ü  Hak asasi sosial dan budaya (Social And Culture Right)
ü  Hak asasi mendapat pengayoman dan perlakuan dalam keadilan hukum dan pemerintahan atau hak persamaan hukum (Procedural Right)
c.       Lembaga Penegakan Ham di Indonesia, antara lain :
ü  Komisi perlindungan hak asasi manusia (KOMNAS HAM)
ü  Pengadilan HAM
ü  Lembaga bantuan hukum (LBH)
ü  Biro konsultasi dan bantuan hukum perguruan tinggi
d.      Faktor Yang Mendorong Terjadinya Pelangaran HAM, antara lain :
ü  Masih belum adanya kesepahaman terhadap konsep HAM antara yang pro dan kontra
ü  Masih adanya pandangan bahwa HAM bersifat Individualistik yang akan mengancam kepentingan umum
ü  Belum berfungsinya secara maksimal lembaga-lembaga penegakan hukum (Polisi, jaksa dan pengadilan).
ü  Belum adanya pemahaman yang merata tentang HAM, baik dikalngan sipil maupun militer.
ü  Masih adanya diskriminasi dalam penegakan hukum
ü  Tipisnya rasa tangung jawab
e.       Tantangan dan Hambatan dalam penegakan HAM di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain faktor kondisi sosial budaya, komunikasi dan informasi, kebijakan pemerintahan, perangkat perundangan,  aparat dan penindakanya (Law Ofercement)
E.     Metode Pembelajaran
Diskusi Kelompok, Tanya Jawab, inkuiri, dan Penugasan
F.     Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Pendahuluan
-       Apersepsi : siswa diberikan pemahaman tentang perlingdungan dan penegakan HAM.
-       Motivasi : akan pentingnya akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami perlingdungan dan penegakan HAM
Kegiatan Inti
Exsplorasi.
Dalam Kegiatan Eksplorasi :
1.      Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami pengertian hak asasi manusia (HAM)
2.      Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami tentang penegakan HAM di Indonesia.
3.      Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar pesertadidik serta antara pesertadidik dengan guru, lingkugan, dan sumber belajar lainya secara kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan tangung jawab.
Elaborasi
Dalam kegiatan Elaborasi :
1.      Dengan berdialok dan berdiskusi siswa diajak menyebutkan peran serta pemerintahan, dan masyarakat dalam penegakan HAM
2.      Dengan berdialok dan berdiskusi siswa diminta untuk menjelaskan kasus pelangaran HAM yang terjadi di Indonesia
3.      Dengan metode Inkuiri, melalui contoh siswa diajak memahami instrumen hukum dan lembaga perlindungan HAM di Indonesia.
4.      Dengan praktik, siswa dapat dapat menghormati hak asasi orang lain.
5.      Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang perlindungan dan penegakan HAM pada buku pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan buku petunjuk lainya.
Konfirmasi
Dalam Kegiatan Konfirmasi :
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
Penutup :
1.      Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi
3.      Guru memberikan tugas rumah (PR)
4.      Guru merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konsling dan memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
5.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya.

G.    Alat dan Bahan :
1.      Alat : -
2.      Sumber belajar : buku paket, buku lain yang relevan, buku PPkn 1A
H.    Penilaian :
1.      Teknik/Jenis                : Kuis dan tugas individu
2.      Buku Intrumen            : pertayaan lisan dan tes tulis
3.      Instrumen/soal             :
1.      Sebutkan undang-undang yang menjaminhak-hak kebebasan rakyat yang disahkan pada era reformasi.?
2.      Hak apa sajakah yang termasuk hak asasi dibidang sosial dan kebudayaan.?
3.      Sebutkan faktor kebijakan pemerintah yang menjadi hambatan penegakan HAM.?
4.      Sebutkan contoh penegakan HAM sebelum kebangkitan Nasional 1908.?
5.      Apakah yang disebut dengan Right Of Legal Equality? Beserta contohnya.
6.      Alasan apa yang melatarbelakangi terjadinya upaya penegakan dan perlindungan HAM.?
7.      Sebutkan lima hak asasi manusia yang diatur dalam UU No 39 tahun 1999.?
8.      Sebutkan lima instrumen penegakan ham di indonesia.?
9.      Sebutkan dua manfaat UU No 39 Tahun 1999 dalam permasalah hak asasi manusia (HAM).?
10.   Apa yang dimaksud dengan Genosida (Genocide).?

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100  adalah sebagai berikut :
Nilai akhir = perolehan skor /skor maksimum (70) x skor ideal (100) 



   
  Mengetahui :                                                           Banda Aceh 20 Desember 2016
Kepala Sekolah                                                               Guru Mata Pelajaran



.............................................                                               ..................................

NIP :                                                                                   NIP :

No comments:

Post a Comment